C. Strategi dan Metode Yang Digunakan Oleh Guru Yang Tersertifikasi


1. Strategi dan metode yang digunakan guru mata pelajaran Aqidah Akhlaq
a. Metode Tanya Jawab Metode Tanya jawab ini digunakan oleh Pak guru untuk menguji ingatan siswa pada materi kemarin, apakah masih membekas dalam ingatan siswa atau tidak proses Tanya jawab dilakukan diawal pertemuan sebelum menjelaskan materi berikutnya.
b. Metode Ceramah Dalam proses pembelajaran, peran guru tidak pernah terlepas dari tugasnya yaitu ceramah. Metode apapun yang digunakan pasti selingi dengan ceramah, setelah proses Tanya jawab selesai, guru menjelaskan materi selanjutnya dengan ceramah.
c. Metode Resitasi Kelompok Setelah menjelaskan materi, guru memberikan tugas kelompok pada siswa. Siswa disuruh untuk membuat beberapa pertanyaan beserta jawabannya, yang sebelumnya siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
Tugas yang diberikan guru dikerjakan didalam kelas. Selain metode diatas, Pak guru Aqidah Akhlaq juga terkadang menggunakan metode diskusi dan demonstrasi. Metode ceramah dan demonstrasi adalah implementasi dari strategi pembelajaran ekspositori, sedangkan metode resitasi dan diskusi kelompok adalah penerapan dari strategi pembelajaran kooperatif. Sedangkan Tanya jawab adalah Implementasi dari strategi pembelajaran inkuiri. 

2. Strategi dan metode yang digunakan guru mata pelajaran Bahasa Inggris
a. Metode Tanya Jawab Metode Tanya jawab ini digunakan Pak guru untuk mengawali pelajaran, dengan menanyakan keadaan siswa dan pertanyaan yang terkait dengan materi yang akan dibahas. Selain itu diakhir pertemuan, guru juga mengunakan Tanya jawab untuk mengetahui pemahaman siswa.
b. Metode Dikte Metode ini digunakan untuk memudahkan siswa dalam mengucapkan kosakata Bahasa Inggris dan melatih siswa untuk menulis dengan tepat dan cepat.
c. Metode Show The Picture Metode ini digunakan untuk memudahkan siswa dalam mengingat nama binatang dan tumbuhan, karena pada waktu itu materi yang disampaikan adalah flora dan fauna. Jadi guru menunjukkan beberapa gambar lalu siswa disuruh untuk menebak nama gambar itu. Melihat metode yang digunakan yaitu metode dikte dan metode show the picture. Strategi pembelajaran yang digunakan adalah ekspositori, dan metode Tanya jawab adalah penerapan dari strategi pembelajaran inkuiri.  

0 Komentar